Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!

Pengertian Planet

Pengertian planet adalah benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lintasan dan memiliki kecepatan tertentu. Contoh : Bumi mengelilingi Matahari. Planet merupakan bagian dari anggota tata surya yang mempunyai beberapa ciri tertentu. Planet yang mengelilingi matahari secara penuh dalam satu putaran disebut revolusi. Waktu yang dibutuhkan planet untuk satu kali revolusi disebut satu tahun planet atau kala revolusi.

Bukan hanya revolusi, planet yang mengelilingi atau mengorbit pada porosnya disebut rotasi. Waktu yang dibutuhkan planet untuk satu kali rotasi disebut kala rotasi. Setiap planet memiliki lintasan maya berbentuk elips yang disebut orbit. Hal tersebut membuat planet untuk tidak bertabrakan satu sama lain. Setiap planet yang tetap pada orbitnya disebabkan karena pengaruh gaya gravitasi Matahari. Semakin jauh jarak planet tersebut dari Matahari maka orbit planet menjadi semakin panjang.

Pengertian planet adalah suatu bintang yang dapat berpindah dan mempunyai letak yang berubah-ubah. Hal ini disebabkan karena planet bergerak mengelilingi matahari. Planet tidak dapat memancarkan cahaya seperti bintang dan matahari. Cahaya yang dipancarkan planet berasal dari cahaya matahari yang dipantulkannya, sehingga pada malam hari planet yang terdapat di langit dapat dilihat dengan mata telanjang, hal ini karena planet-planet tersebut tampak terang seperti bintang.
Pengertian Planet


Setiap planet mempunyai lintasan orbitnya masing-masing. Lintasan orbit yang terdapat di setiap planet hampir berbentuk seperti lingkaran. Pada awal abad ke 17, Johanes Kepler membuktikan jika lintasan orbit dari planet-planet yang terdapat di tata surya mempunyai bentuk lonjong atau elips dan letak matahari yang berada pada salah satu titik fokus elips.

Planet-planet yang terdapat dalam tata surya, antara lain : Merkurius, Mars, Bumi, Yupiter, Neptunus, Venus, Saturnus, Uranus, dan Pluto. Berdasarkan jaraknya dengan matahari, Merkurius dan Venus disebut planet dalam atau inferior, sedangkan Planet Saturnus, Yupiter, Mars, Uranus, dan Pluto disebut planet luar atau superior. Bumi merupakan pembatas yang memisahkan kedua kelompok ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri planet dan macam-macam planet.


Planet Dalam dan Planet Luar
Adapun planet yang terdapat dalam tata surya terbagi menjadi 2 kelompok yaitu planet dalam yang terdiri atas Merkurius, Mars, Venus, dan Bumi. Sedangkan planet luar antara lain Uranus, Yupiter, Saturnus, dan Neptunus. Berikut ciri-ciri planet dalam dan planet luar.

Ciri-Ciri Planet
  1. Ciri-Ciri Planet Dalam
    1) Memiliki permukaan yang padat.
    2) Tidak memiliki cincin.
    3) Mempunyai satelit yang sedikit.
    4) Terbentuk dari logam dan batu.
  2. Ciri-Ciri Planet Luar
    1) Mempunyai cincin dan atmosfer yang tebal.
    2) Memiliki banyak satelit.
    3) Terbentuk dari hidrogen dan helium.


Macam-Macam Planet dan Ciri-Ciri Planet

Macam-Macam Planet
Setelah mengetahui apa itu pengertian planet, berikut macam-macam planet serta ciri-ciri planet.
  1. Planet Merkurius
  2. Planet Merkurius
    Nama planet Merkurius berasal dari nama dewa kurir kerajaan Romawi. Planet Merkurius merupakan planet yang terletak paling dekat dengan Matahari, hal ini yang membuat suhu permukaan planet Merkurius pada siang hari mencapai 400 derajat celcius dan malam hari turun hingga 180 derajat celcius. Pengertian planet Merkurius adalah planet terkecil, namun memiliki berat yang hampir sama dengan bumi. Hal ini karena Planet Merkurius merupakan planet yang tersusun dari besi yang sangat besar hingga berdiameter 3.600 km. Waktu yang paling tepat apabila ingin mengamati Planet Merkurius adalah saat menjelang pagi atau senja.

    Ciri-Ciri Planet Merkurius
    1) Kala revolusi 88 hari.
    2) Kala rotasi 58,64 hari.
    3) Suhu rata-rata 167 derajat celcius.
    4) Memiliki diamater 4.879 km.
    5) Tidak memiliki satelit.
    6) Tidak mempunyai cincin.
    7) Jarak rata-rata dari Matahari 57,9 juta km.
  3. Planet Venus
  4. Planet Venus
    Nama planet Venus berasal dari nama dewi cinta dan kecantikan bangsa Romawi. Planet Venus juga dikenal dengan sebutan bintang sore atau bintang kejora. Disebut dengan bintang sore atau bintang kejora karena Venus dapat diamati pada saat petang hari dan sebelum matahari terbit. Venus terlihat seperti bintang pada waktu langit malam, hal ini karena Venus memiliki lapisan atmosfer yang tebal dan memantulkan sinar matahari. Planet Venus adalah planet terpanas, karea mempunyai suhu yang dapat mencapai lebih dari 470 derajat celcius. Planet Venus adalah satu-satunya planet yang arah berputarnya searah jarum jam.

    Ciri-Ciri Planet Venus
    1) Kala revolusi 224,7 hari.
    2) Kala rotasi 243 hari.
    3) Memiliki diamater 12.104 km.
    4) Jarak rata-rata dan matahari 108,2 juta km.
    5) Tidak mempunyai cincin.
    6) Matahari terbit dari barat, disebabkan karena arah rotasi Planet Venus dari timur ke barat.
    7) Tidak memiliki satelit.
    8) Suhu rata-rata 464 derajat celcius.
    9) Planet Venus adalah planet terpanas dan ditutupi awan tebal karbondioksida. Apabila ada radiasi dari matahari, maka radiasi tersebut sulit untuk keluar.
  5. Planet Bumi
  6. Planet Bumi
    Pengertian planet Bumi adalah planet yang dapat dihuni. Planet Bumi memiliki suhu yang relatif tetap. Sehingga suhu yang tetap tersebut dapat menjaga agar air tetap tersedia dan menjaga berbagai organisme yang merupakan penghasil oksigen untuk tetap hidup. Ketebalan atmosfer Bumi mencapai 700 km yang sebagian besar adalah oksigen dan nitrogen. Sekitar lebih dari 70% permukaan Bumi adalah air.

    Ciri-Ciri Planet Bumi
    1) Kala revolusi 365, 242 hari.
    2) Kala rotasi 23 jam 57 menit.
    3) Jarak rata-rata dari Matahari 149, 6 juta km.
    4) Tidak mempunyai cincin.
    5) Memiliki diamater 12.756,3 km.
    6) Planet Bumi adalah sumber kehidupan yang cocok bagi tersedianya oksigen dan air.
    7) Mempunyai 1 satelit.
    8) Suhu rata-rata 15 derajat celcius.
    9) Memiliki warna biru, karena terdapat partikel udara di atmosfer yang dapat memantulkan cahaya berwarna biru.
  7. Planet Mars
  8. Planet Mars
    Nama planet Mars berasal dari nama dewa perang dan legenda bangsa Romawi. Planet Mars dijuluki planet merah. Hal ini karena permukaan Planet Mars yang mempunyai warna merah karena besarnya berkarat pada seluruh permukaan Planet Mars tersebut. Permukaan planet Mars terdiri dari gunung berapi berukuran besar, sungai kering, lembah, dan lapisan es. Planet Mars mempunyai dua satelit berukuran kecil, yaitu Phobos dan Deimos.

    Ciri-Ciri Planet Mars
    1) Kala revolusi 11 tahun 10 bulan 3 hari.
    2) Kala rotasi 9 jam 56 menit.
    3) Memiliki 2 satelit.
    4) Tidak mempunyai cincin.
    5) Tersusun dari karbondioksida yang tipis.
    6) Suhu rata-rata -65 derajat celcius.
    7) Memiliki diameter 6.794 km.
    8) Jarak rata-rata dari Matahari 227,9 juta km.
  9. Planet Yupiter
  10. Planet Yupiter
    Planet Yupiter sering disebut dengan Planet Zeus yang berasal dari nama raja dewa bangsa Yunani kuno. Pengertian planet Yupiter adalah planet paling besar dalam tata surya. Planet Yupiter berdiameter sekitar 11 kali dari diameter Bumi serta mempunyai berat dua kali dari jumlah berat seluruh planet dalam tata surya. Permukaan Planet Yupiter diselimuti oleh awan tebal yang sebagian besar terbentuk dari gas helium dan hidrogen. Planet Yupiter memiliki gaya tarik yang sangat besar, sehingga dapat mengubah hidrogen menjadi cair. Sedangkan inti Planet Yupiter mempunyai tekanan yang besar sehingga dapat mengubah hidrogen menjadi logam padat.

    Ciri-Ciri Yupiter
    1) Kala revolusi 29, 42 tahun.
    2) Kala rotasi 10 jam 40 menit.
    3) Memiliki diameter 139.822 km.
    4) Dapat memantulkan 70% cahaya matahari.
    5) Jarak rata-rata dari Matahari 778,3 juta km.
    6) Memiliki cincin.
    7) Suhu rata-rata 50 derajat celcius.
    8) Memiliki 16 satelit.
    9) Memiliki gas yang terdiri dari 90% Hidrogen dan 10% Helium.
  11. Planet Saturnus
  12. Planet Saturnus
    Planet Saturnus tidaklah padat, karena sebagian besar penyusunnya adalah gas hidrogen dan heliumn. Hanya bagian inti Planet Saturnus yang sangat kecil terdapat batu padat. Planet Saturnus memiliki angin yang sangat kencang dibandingkan badai yang terjadi di Bumi. Angin di Saturnus yang dapat berputar-putar tanpa henti pada bagian ekuator serta mempunyai kecepatan hingga 1.100 km/jam.

    Ciri-Ciri Planet Saturnus
    1) Kala revolusi 29,42 tahun.
    2) Kala rotasi 10 jam 40 menit.
    3) Permukaan yang terdiri dari kristal es.
    4) Berdiameter 120.536 km.
    5) Dapat mengapung apabaila ditempatkan dalam air.
    6) Mempunyai cincin yang terdiri dari batu dan bongkahan es.
    7) Suhu rata-rata -140 derajat celcius.
    8) Jarak rata-rata dari Matahari 1433,5 juta km.
    9) Mempunyai 18 satelit.
  13. Planet Uranus
  14. Planet Uranus
    Nama planet Uranus diambil dari nama dewi langit yaitu Urania. Planet Uranus memiliki jarak sekitar 2.872 km dari Matahari, sehingga dapat melakukan 1 kali revolusi yang dibutuhkan sekitar 84 tahun. Planet Uranus terletak sangat jauh dari Matahari, sehingga permukaan Planet Uranus sangat dingin. Sinar Matahari membutuhkan waktu untuk mencapai Planet Uranus sekitar 2,5 jam. Saat musim panas, Matahari bersinar selama 20 Tahun, sedangkan saat musim dingin akan terjadi kegelapan yang menyelimuti lebih dari 20 tahun lamanya. Saat musim gugur, Matahari terbit dan terbenam selama setiap 9 jam.

    Ciri-Ciri Planet Uranus
    1) Kala revolusi 84 tahun.
    2) Kala rotasi 17 jam 14 menit.
    3) Berdiameter 50.724 km.
    4) Mempunyai cincin.
    5) Suhu rata-rata -140 derajat celcius.
    6) Sumbu rotasi yang berimpit dengan bidang orbit, kutub utara dan selatan bergantian tempat menghadap Matahari.
    7) Jarak rata-rata dari Matahari 2.872 km.
    8) Memiliki 27 satelit.
    9) Planet Uranus berwarna hijau kebiruan, karena atmosfernya mengandung metana yang sangat tebal.
  15. Planet Neptunus
  16. Planet Neptunus
    Planet Neptunus berdiameter hingga 50.500 km. Planet Neptunus ditemukan 65 tahun setelah Planet Uranus ditemukan. Planet Neptunus mempunyai warna cerah biru kehijauan. Pengertian planet Neptunus disebut sebagai planet pembuat ulah. Planet Neptunus disebut planet pembuat ulah karena sering beredar keluar dari garis orbitnya. Planet Neptunus dikenal sebagai kembaran Planet Uranus. Planet Neptunus memiliki atmosfer yang terdiri dari 1,5% metana, 19% helium, serta 80% hidrogen. Permukaan Planet Neptunus tertutup lapisan es yang tebal. Suhu Planet Neptunus dapat mencapai -223 derajat celcius.

    Ciri-Ciri Planet Neptunus
    1) Kala revolusi 164,8 tahun.
    2) Kala rotasi 16 jam 7 menit.
    3) Berdiameter 50.500 km.
    4) Memiliki 14 satelit.
    5) Suhu rata-rata -223 derajat celcius.
    6) Mempunyai cincin.
    7) Jarak rata-rata dari Matahari adalah 4.500 juta km.
    8) Mempunyai orbit yang berbarisan dengan Pluto.
    9) Atmosfer yang terdiri dari helium, gas hidrogen, es, amoniak, metana, dan air


Planet di Tata Surya dibagi berdasarkan komposisinya, antara lain :
  1. Daratan
  2. Terdapat beberapa planet yang daratannya mirip dengan Bumi yang memiliki permukaan yang tertutup oleh batuan antara lain Venus, Mars, Merkurius. Merkurius memiliki massa 0,055 dan merupakan planet dengan daratan terkecil di Tata Surya dan Bumi merupakan planet dengan daratan terbesar.
  3. Raksasa gas (Jovian)
  4. Terdapat beberapa planet yang terbentuk dari material gas dan lebih besar dibandingkan Bumi: Saturnus, Uranus, Yupiter, dan Neputunus. Planet Yupiter mempunyai massa 318 kali palnet Bumi dan merupakan planet terbesar di Tata Surya. Planet Saturnus hanya 1/3 dengan ukuran 95 kali massa Planet Bumi.
  5. Raksasa es
  6. Terdapat beberapa planet yang menjadi raksasa es, yaitu planet Neptunus dan Uranus. Planet Neptunus dan planet Uranus adalah subkelas raksasa es yang berbeda dengan raksasa gas, karena mempunyai massa yang lebih kecil dan sedikitnya terdapat hidrogen dan helium di atmosfer sekaligus terdapat proporsi batu dan es yang justru lebih tinggi.
  7. Planet katai
  8. Planet katai
    Sebelum keputusan Agustus 2006, beberapa objek diusulkan sebagai planet oleh para astronom. Namun tahun 2006, objek-objek tersebut dikelompokkan ulang menjadi planet katai. Hingga saat ini terdapat lima planet katai yang diakui keberadaannya oleh IAU. Adapun lima planet katai tersebut antara lain Haumea, Makemake, Ceres, Pluto, dan Eris. Beberapa objek lain yang terletak di sabuk kuiper dan sabuk asteroid sedang dipertimbangkan; 50 di antara mempunyai kemungkinan besar untuk diakui. Terdapat 200 objek yang ditemukan setelah seluruh sabuk Kuiper selesai dijelajahi.

    Pengertian planet katai memiliki ciri-ciri yang sama dengan planet, tetapi memiliki beberapa perbedaan. Planet katai tidak dominan di orbitnya. Adapun semua planet katai merupakan anggota dari populasi yang lebih besar. Ceres adalah benda terbesar yang terdapat di sabuk asteroid, sedangkan Makemake, Haumea, dan Pluto adalah anggota sabuk Kuiper dan Eris merupakan anggota cakram tersebar. Para peneliti seperti Mike Brown percaya bahwa mungkin terdapat lebih dari 100 objek trans-Neptunus yang termasuk planet katai per definisi IAU.


Itulah pengertian planet, ciri-ciri planet, serta macam-macam planet. Adapun terdapat 8 planet yang termasuk macam-macam planet. Pluto bukan bukan planet, hal ini karena Pluto hanya terdiri dari batu dan es serta mempunyai ukuran yang sangat kecil, orbit pluto yang terkadang timpang tindih dengan orbit planet lainnya seperti timpang tindih dengan planet Neptunus, dan Pluto yang berukuran hampir sama dengan ukuran benda langit.

Post a Comment